Perkebunan Teh Kayu Aro (Kerinci Jambi)

 



Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Percaya atau tidak, salah satu teh hitam dengan kualitas terbaik di dunia ternyata berasal dari Indonesia, lebih tepatnya dari Propinsi Jambi di kawasan Gunung Kerinci. Di sana terdapat Perkebunan Teh Kayu Aro.
Kebun Teh Kayu Aro terletak di Sungai Penuh, Kerinci, Jambi. Kebun teh ini memiliki beberapa keistimewaan. Pertama,  ini adalah kebun teh tertua di Indonesia telah ada sejak masa penjajahan Belanda pada tahun 1925. Kedua, kebun teh ini adalah yang tertinggi dan terluas kedua setelah Kebun Teh Darjeeling di India.
Luas kebun teh Kayu Aro sekitar 2500 ha dan terletak di ketinggian 1600 meter dpl. Ketiga, teh di perkebunan ini merupakan teh ortodox atau teh hitam yang merupakan teh berkualitas tinggi. Menariknya, pemrosesan daun teh dari kebun masih menggunakan cara tradisional. Serbuk – serbuk teh tidak menggunakan pewarna maupun pengawet.
Perkebunan Teh Kayu Aro didirikan pada tahun 1925 oleh Namlode Venotchaat Handle Veringing Amsterdam, sebuah perusahaan milik Belanda. Pada tahun 1959, kebun teh ini menjadi milik pemerintah RI dengan pengolaan dan pengawasan di bawah PT Perkebunan Nusantara VI. Sampai saat ini perusahaan tersebut yang melakukan pemeliharaan, pemetikan, pengolahan, pengemasan, hingga pengeksporan ke berbagai negara.
Perkebunan Teh Kayu Aro setiap tahunnya mampu menghasilkan 5.500 ton teh hitam. Teh unggulan ini diekspor ke Rusia, Eropa, Asia Tengah, Amerika Serikat, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Pakistan.

Kebun Teh Kayu Aro adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan rileks. Hamparan pohon teh dan udara yang bersih dapat memberikan ketenangan jiwa. Menelusuri perkebunan teh sambil melihat para pekerja memetik teh tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bahkan, wisatawan juga boleh mencoba untuk memetik teh bersama dengan mereka.
Akses :

Dari Kota Jambi ke Sungai Penuh lebih kurang 500 Km dengan waktu perjalanan sekitar 10 sampi 11 jam.
Jika Anda dari Padang, anda akan menempuh jarak sekitar 300 km, perjalanan memakan waktu sekitar 6-7 jam.
Sesampai di Kota Sungai Penuh dapat melanjutkan perjalanan  lebih kurang sekitar 2 jam perjalanan ke Kayu Aro, lebih kurang 50 Km jauhnya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat (mobil) maupun roda dua (motor).








Sumber foto : Panorama Kerinci Grup /
https://www.facebook.com/groups/265576683923664/photos/

Perkebunan Teh Kayu Aro (Kerinci Jambi) 4.5 5 Padli Kurniawan Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Percaya atau tidak, salah satu teh hitam dengan kualitas terbaik di d...


This share facebook

No comments:

Post a Comment

Padli Kurniawan. Powered by Blogger.